njajal_admob_di_blog

Pages

Friday, June 23, 2017

Gotrah [silsilah keluarga]


Iseng-iseng lagi mbuat aplikasi untuk menyusun silsilah keluarga, saya kasih nama Gotrah. Aslinya, istilah gotrah itu merupakan istilah di Jawa yang berkonotasi keluarga besar.

Saya buat 2 versi : web dan .apk [android], keduanya menggunakan data yang sama sehingga akses dari web maupun .apk akan memberikan hasil yang sama. Tentu saja data ini dititipkan di server web [walau masih server gratisan, (sub)domain gratisan juga malah] sehingga kalian musti on-line untuk menggunakannya

Langsung ajah, alamatnya di http://gotrah.orgfree.com, dan yang menginginkan aplikasi ini untuk android ada link untuk unduh .apk-nya.




Memulai:
  1. Kunjungi http://gotrah.orgfree.com dan klik login atau register. Untuk yg penasaran dan pengin coba-coba dulu, gunakan username & password coba-2 : qwerty
  2. Kalo kalian pikir ini OK ya registrasi sendiri, gratis selamanya [eh... selama orgfree.com masih berkibar ya]
Download
Link donlot baru ada di filehosting gratisan, tolong kasih tau kalo dead-link ya. Kenapa blom ada di play-store: karna belom punya dana buat bikin akun Google Developer... hiks... makanya, plis deh klik iklan biar ada tambahan kocek buat ane... (ngarep dot kom)

Registrasi
  1. Username minimal 6 karakter
  2. email harus valid
Proses registrasi akan memeriksa apakah username dan/atau email sudah digunakan. Jika sudah digunakan maka registrasi gagal, cobalah mengganti username dan/atau email.

Menjalankan
Jika registrasi sukses, akan langsung dalam kondisi logged in. Tentu saja data masih kosong... Mulailah buat data baru DARI LELUHUR TERATAS [top level]. Aplikasi ini bisa untuk menambahkan data anak, cucu, dst, namun tidak diberi fasilitas untuk menambah “orang tua”. Data orang tua hanya bisa diganti, tidak ditambah.

Oh ya, untuk nyusun pohon silsilah keluarga mungkin perlu waktu agak lama, dan ini menguras resource server [ yg gratisan :) ]. Buat kalian yg berkutat di dunia koding mungkin dah maklum ama yg namanya proses rekursif. Berhubung datanya masih pake MySQL 5.x maka rekursi-nya pake php. MariaDB yg support kan versi 10.2.2, tp masih beta juga to (per Mei 2018).


Menambah data baru
Akan muncul form kosong, isi sesuai kemampuan. Jangan lupa klik simpan, atau tekan "back" untuk batal

Pada status Edit data [bukan tambah data], dapat dimasukkan foto pada anggota trah dengan menekan lama [long click] gambar bawah form. Gunakan file .JPG / .JPEG untuk poto, karna file .PNG belom bisa ditangani dengan baik . . .

Jika sudah ada beberapa data, beberapa menu berikut akan membantu selanjutnya
  1. menu Option
tekan tombol menu di Android kalian, akan muncul menu

  • Menu pertama adalah search [untuk memfilter hanya nama tertentu yang ditampilkan]
  • Menu info. Sebelum login bisa menampilkan option Cari, sesudah login menampilkan info angota grup
  • Menu berikutnya adalah menggambar pohon silsilah
  • Menu menampilkan data anggota trah yang yatim-piatu [tak ber-orang tua, misal karena data orang-tuanya di hapus]
  • Logout

  1. menu Context

Tekan lama [long click] salah satu nama di daftar nama, maka muncul menu context diatas

Di versi .apk, di menu Cari ada opsi untuk mengirim SMS (ke user ybs) atau e-mail (ke admin yang mendaftarkan). Kalo fungsi ini belom jalan baik, sabar ya....
Yg versi web, fungsi kirim e-mail malah di dis-able sama orgfree.com... jadi ya udah ya, drpd dikira spam...


Tips

Sebarkan username dan password yang kalian buat ke anggota trah agar semua bisa menambah & ngoreksi seperlunya




 
[obsolete]
link apk sebelumnya https://www.4shared.com/mobile/csnnpo6Gca/Gotrah.html
[update link 2 juli 2017 via mediafire]

No comments:

Post a Comment